Perlunya banyak cadangan

Ya, sekarang baru sadar kalau cadangan itu perlu untuk sebuah data, apa saja, pokoknya berguna bisa untuk simpan ini-itu. Pengalaman kemarin yang beruntun hilang data dengan rusaknya peralatan sungguh tak dinyana, bisa dibilang tragis, hiks hiks.

Pertama adalah flash-disc yang tiba-tiba ada virus recyclernya, so langsung tak format ulang, otomatis semua data ilang, ping! trus selang beberapa minggu kemudian adalah laptop yang biasa dipake buat nyari-nyari bahan, apa saja, tiba-tiba lemot dan musti di format ulang lagi, ugh! mengutuk diri sendiri dengan kebodohan yang ada. Yang terakhir ini adalah komputer kantor yang pas dinyalain kok gak mau loading, OMG ada pesan yang menyatakan salah satu loadernya missing, kok bisa? bener-bener menyedihkan, aku lupa back-up semua foto dan cerita-cerita yang sempet dibuat gak ada disimpan di media lain lagi, alhasil ilang sudah, foto-foto hasil koleksi amatir jeprat jepret gak jelas, cerita-cerita pendek, puisi, prosa, waduh, ilang kabeh!

Sekarang ya hanya nyesel, sempet langsung telpon ibu di rumah dan ngadu, "bu, foto-foto jepretan pas jalan-jalan ilang" ya habisnya mo cerita ma sapa lagi?

Mulai sekarang, mau nyiapin back-up di CD, biar gak terulang cerita di atas. Pokoknya kapok deh!

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Perlunya banyak cadangan"