Satpam safari

Akhir-akhir ini, bahkan sudah lama, termasuk di kantorku, seragam yang di pakai oleh satpam bukan lagi tampak putih biru, melainkan memakai safari. Aku kurang tahu penyebabnya. Di kantorku sendiri hal ini sudah berjalan di tahun kedua, bagian rumah tangga kantorku saat membuatkan baju seragam satpam model safari sepertinya hanya terkesan dengan kantor sebelah, dan sekedar ngikut trend yang ada.

Kalau di runut kebelakang, mungkin yang mengawali hal seperti ini adalah hotel berkelas bintang sekian, dan mal yang sasarannya konsumen high, alias bukan sekelas ITC, apalagi pasar. Tujuan dari empunya mereka mungkin untuk sedikit mengangkat harga satpam, ya elah, emang satpam di hargai yah? kek barang aja. Atau untuk menghormati tamu yang datang. Tetapi kalau di lihat lagi, menurutku tidak tepat, aku sudah pernah salah menduga, dan kena getahnya gara-gara satpam memakai safari. Ini kejadiannya pas di mal yang bukan kelas ITC itu, dasar udik, aku bingung pas masuk ke mal yang rasanya ada di dunia lain, semua serba wah dan wangi. Mau tanya satpam tapi kok di cari tidak ketemu, tiap lantai hanya nemu orang berpakaian seragam safari itu. Setelah berjalan lelah mencari, akhirnya ketemu yang namanya booth informasi, dengan culunnya tanya, "mbak, disini tidak dijaga satpam yah?" yang akhirnya membuat jawaban "O" panjang dariku, si mbak di bagian informasi menjawab, "itu yang berpakain safari adalah petugas keamanan kami mas". Sejak itulah aku membuat kesimpulan kalau orang yang berpakaian safari di tempat keramaian adalah satpam. Kepala Kantor sebelah termasuk ndak ya? ups!

Ternyata satpam safari bukan hanya menjadi trend, tetapi juga sudah mendapat perhatian dari kepolisian yang memang sudah dari sononya seharusnya mengawasi dan secara tidak langsung menjadi dewan pembina, uhuk! Dalam suatu berita di koran, kepolisian menyatakan bahwa mereka akan menertibkan para empunya satpam yang memberikan seragam safari.

Tetapi sampai sekarang berita itu belum ada tindak lanjutnya. Memang sih, masih banyak satpam yang memakai seragam a.la satpam sebelumnya, tetapi musti ditanya, apa si empunya gak mampu mbeliin seragam safari atau memang konsisten? Bukannya antipati atau bagaimana, tetapi kayaknya memang lebih baik memakai seragam putih biru seperti biasa, memakai safari tidak menambah gagah atau memberi kesan angker, karena tugas mereka sebenarnya kan juga memberi pelayanan kepada konsumen yang memanfaatkan area yang di jaganya.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Satpam safari"