Jiffest 2010: You Made This Happen!!!

Alhamdulilah, akhirnya gelaran jiffest selesai sudah. Hari-hari dimana saya harus mengejar kereta terakhir dan membawa motor saat pagi menjelang berakhir sudah. Senang, gembira, bangga, capek, sakit, ngantuk, campur aduk jadi satu. 

Alhamdulilah, acara tahunan yang sudah memasuki angka 12 ini jadi di gelar. Seperti diketahui sebelumnya, acara ini berada dalam kesulitan finansial yang berimbas pada batalnya acara. Tema "Save Jiffest" pun diadakan. Kegiatan donasi di selenggarakan demi keberlangsungan acara. Alhamdulilah, sebuah produk telepon selular menjadi sponsor dan acara ini akhirnya terselenggaranya. Pesan yang ada di intro film adalah "You Made This Happen" untuk para donatur yang sudah berkorban selama program Save Jiffest.

Sungguh menyedihkan memang, sebuah institusi yang bersebelahan visinya dengan acara ini tidak menjadi sponsor, mungkinkah alasan keterbatasan dana promosi menjadi jawabannya, saya sendiri tidak tahu. Hanya saja, menurut hemat saya, institusi tersebut terjun langsung ikut sebagai punggawa helatan ini. Alih-alih institusi yang mengusung merk "100% Cinta Indonesia" yang menjadi salah satu pendukungnya. Saya 1000% Cinta Mati sama Indonesia!

Acara ini akhirnya terselenggara, dan menurut saya tidak semenarik tahun sebelumnya. Hal ini pasti terjadi mengingat kronologi yang terjadi. Pertama, venue diadakan di Pacific Place, tempat yang menurut saya kurang menarik perhatian penonton lain, saya sendiri melihat PP sebagai tempat yang kurang nyaman untuk menghabiskan waktu, bisa saja sebagian calon penonton melihat hegemoni PP terlalu wah, lain lagi pendapat teman saya, mereka berpendapat, kenapa acara diselenggarakan di PP, karena mepet, sehingga venue di GI sudah terisi acara lain. Kedua, ternyata ada beberapa film yang sampai dengan jam penayangannya belum sampai di lokasi, kok bisa? saya sendiri tidak tahu jawabannya, kemungkinan masih karena mepetnya waktu yang tersedia. Ketiga, Jam tayang terlalu sore, acara di mulai jam 5 sore. Hal ini jelas mengurangi minat yang tidak bekerja 8-5 untuk menonton. Yang terakhir menurut saya, sebenarnya masih banyak hal lain, tapi susah menulisnya. Hal terakhir adalah filmnya sedikit, dan kurang merata baik dari segi genre maupun negara produksinya. 

Acara jiffest tahun ini saya membeli enam buah tiket, dengan hanya empat yang berhasil saya tonton, dua sisanya saya tepar. 

Film yang berhasil saya tonton adalah When We Leave, film yang membuat saya jengah dengan tingkah polah keluarga turki, benarkah kehidupan seperti itu ada disana, dimana pria adalah segalanya, dan wanita adalah miliknya. Menyusul kemudian adalah Son of Babylon, sungguh sial saya menonton yang satu ini, air mata saya bercucuran saat pemutaran berlangsung, saya ingat ibu saya di rumah, betapa cinta seorang ibu terhadap anaknya, cucunya, begitu sebaliknya, saya menangis saat sang cucu membasuh muka neneknya, saya menangis saat sang nenek mencium pintu masjid, saya menangis saat sang cucu kehilangan neneknya, apa yang akan dia lakukan? sungguh kejam akibat dari perang, kalau sudah demikian apa yang harus saya lakukan? Film ketiga adalah film documenter Armadillo, film yang tidak seharusnya saya tonton, karena saya membeli tiket Turk's Head, sehubungan dengan belum datangnya film di lokasi, maka terjadi perubahan rencana, film yang menurut saya ragu-ragu, apakah benar ini dokumenter? mengingat angle dan hasil tangkapan gambar menurut saya kurang dokumenter. Film terakhir adalah Scott Pilgrim, yeah!!! dengan jualan para pemain kelas dunia dan sudah banyak yang dikenal, film ini menjadi magnet utama acara jiffest ini. Film ini bergaya tidak biasa, bercerita tentang cinta dengan gaya komik yang khas. Sungguh aneh pada awalnya, dan mendapati keseluruhan cerita saling berurutan dengan gaya komik jepang, dijamin beda!

Akhirnya saya ucapkan selamat atas terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi dari sekarang, buat saya sendiri harus lebih siap fisik dalam menikmati hari begadang sampai pagi di rumah pulang dari acara berlangsung.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Jiffest 2010: You Made This Happen!!!"